Sabtu, 20 November 2010

Penulisan Bahasa Iklan dan Pengertianya

Penulisan bahasa iklan adalah cara menggunakan kata-kata dan menentukan topik untuk memasarkan suatu barang atau jasa, dan bisa juga untuk mempromosikan suatu tempat kepada khalayak luas. Iklan yang di buat, bisa berupa pamflet, papan reklame, video broadcast, dan lain-lain. Penulisan bahasa iklan yang baik, harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain:

  1. Menggunakan kalimat persuasif yang berarti membujuk atau memberi daya tarik pada barang atau jasa yang di promosikan.
  2. Menjelaskan keunggulan (special features) barang atau jasa tersebut.
  3. Menggunakan bahasa yang familiar atau bahasa yang biasa digunakan oleh masyarakat.
  4. Menggunakan istilah-istilah unik.
  5. Menggunakan kata-kata kutipan yang berasal dari sumber lain.
  6. Menggunakan produk sebagai topik utama dalam penulisan iklan.
  7. Menggunakan istilah-istilah asing.
  8. Menggunakan padanan kata atau perbandingan dalam penulisan iklan.
  9. Tidak bersifat menjatuhkan produk lain.
  10. Tidak menyinggung produk lain.
  11. Menggunakan bahasa yang sopan.
  12. Tidak memasukan unsur-unsur yang akan menimbulkan konfrontasi.
  13. Tidak memasukan unsur-unsur yang berbau kekerasan dan pornografi.
  14. Menggunakan kata-kata peringatan dalam pemakaian produk jika perlu.
  15. Memberikan gambaran yang jelas tentang produk.
Jadi, penulisan bahasa iklan merupakan salah satu faktor penting dalam mempromosikan suatu produk kepada khalayak luas dengan memperhatikan beberapa faktor di atas agar menjadi sebuah iklan yang baik dan menarik.

Di buat oleh Hanif, ahmadhaniev@gmail.com